Rabu, 11 Mei 2011

TEORI DESAIN GRAFIS

Desain Grafis
Grafis dalam bhs inggris disebut graphic diartikan sebagai goresan yg berupa titik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan mencetak,,desain diartikan sebagai bentuk rumusan suatu pemikiran. Rumusan atau proses pemikiran yang dituangkan dalam wujud gambar tersebut merupakan pengalihan gagasan kongkrit siperancang kepada orang lain. Jadi desain grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam wujud gambar.
Desain grafis biasa juga disebut dengan desain komunikasi visual dengan wilayah jelajah yang relative luas, mulai dari merancang cover buku dan berikut layout hal isinya, majalah, Koran, tabloid, cover kaset, CD, VCD, DVD, kalender, brosur, leaflet, catalog pameran, stationary, web design, logo, peta lokasi, brandname, kemasan, poster, serta banyak lagi ragamnya.
Aspek-aspek Desain Komunikasi Visual
Media komunikasi visual adalah sarana informasi yang dapat dilihat dan dapat menginformasikan suatu maksud atau pesan yang ingin di sampaikan. Media-media yang dirancang tentu tidak dapat terlepas dari unsur-unsur desain yang mendukung, diantaranya: ilustrasi, teks, huruf/tifografi, warna dan media. Atau Desain Komunikasi Visual juga dapat diartikan ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.
Ilustrasi
Ilustrasi juga merupakan seni gambar yang dimanfaatkan untuk memberikan penjelasan atas suatu maksud atau tujuan secara visual. Dalam perkembangannya, ilustrasi secara lebih lanjut ternyata tidak hanya berguna sebagai sarana pendukung cerita, tetapi dapat juga menghiasi ruang kosong. Misalnya dalam majalah, koran tabloid dan lain-lain. Ilustrasi bisa berbentuk macam-macam, seperti karya seni sketsa, lukis, grafis, karikatural, dan akhir-akhir ini bahkan dipakai image bitmap hingga karya foto
Teks
Teks Merupakan kata-kata yang terdapat pada buku atau iklan. Teks berupa sederetan kata, atau kalimat yang menjelaskan suatu barang atau jasa untuk tujuan tertentu. Bahasa yang digunakan untuk penyusunan teks pada iklan hendaknya sederhana jelas, singkat, dan tepat serta memiliki daya tarik pada kalimatnya
Tipografi
Kata tifografi berasal dari bahasa latin yaitu terdiri dari kata typos dan graphia. Typos artinya cetakan bentuk dan sejenisnya, sedangkan graphia artinya hal tentang seni tulisan
Warna 
Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seseorang (terutama warna background). Warna akan membuat kesan atau mood untuk keseluruhan gambar atau grafis. Warna merupakan unsur penting dalam grafis karena dapat memberikan dampak psikologis kepada orang yang melihatnya
Media
Media merupakan sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada publik dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar/foto.

ISTILAH DESAIN GRAFIS: 
-    Seni Grafis/ Graphic Arts, termasuk ke dalam kelompok bidang ilmu Seni Murni
-   Grafik/ adalah gambar diagram untuk menyampaikan pesan atau data perkembangan/ pertumbuhan atau penurunan tentang sesuatu hal secara sistem numerik (pie,block,line, form/ object)
-    Desain Grafis, istilah yang dipakai sebelum menggunakan istilah Desain Komunikasi Visual, berasal dari kata bahasa Yunani “Graphos” yang berarti “tulisan/gambar”. 
-    Untuk mengantisipasi perkembangan dunia komunikasi visual serta perannya yang semakin luas, maka digunakan istilah : Desain Komunikasi Visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar